Kunjungan Wisata Menteri Ekonomi dan Pembangunan dari Jerman ke Air Terjun Tembalang

Sabtu, 13-14 Mei 2017 lalu Air Terjun Tembalang sebagai ikon wisata kebanggaan kampung Tepian Buah mendapat kunjungan langsung dari Menteri Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman yaitu Gerd Muller beserta Duta Besar Jerman untuk RI yaitu Michael Freiherr Von Ungern-sternberg didampingi Bupati Berau, kepala SKPD yang ada di Kab. Berau, Forclime Berau, TNC Berau, GIZ beserta Kepala Kampung Tepian Buah dan rombongan.

Arsip Kampung Tepian Buah
            Kunjungan tersebut berkaitan dengan program kerjasama Forclime FC – Module dan GIZ yang digunakan untuk kegiatan lingkungan dan konservasi di Bumi Batiwakkal Berau. Gerd Muller berkunjung selama 2 hari di Berau, agenda kunjungan pertama rombongan yaitu pertemuan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit dan para petani kelapa sawit di Labanan.

     Destinasi berikutnya yang dikunjungi Menteri Jerman dan rombongan yaitu ke Air Terjun Tembalang, Tepian Buah. Sesampainya di sana sambutan hangat oleh Kepala Kampung dan masyarakat Tepian Buah dengan pakaian adat dayak dan tarian khas suku dayak kenyah berlangsung meriah. Rombongan terlihat sangat antusias terhadap sambutan yang diberikan oleh masyarakat Tepian Buah hingga turut serta menari dan memainkan alat musik khas suku Dayak Kenyah tersebut.

Arsip Kampung Tepian Buah

  Gerd Muller dan Ibu Emi selaku kepala kampung Tepian Buah sempat berbincang mengenai bantuan yang akan di berikan Pemerintah Jerman berupa 
 5 bola kaki dan lapangan sepak bola, akan tetapi Ibu Emi mengusulkan untuk adanya bantuan peralatan safety di wahana air terjun dan transportasi seperti ketinting serta kelayakan tracking menuju air terjun yang lebih prioritas.

 Memasuki hari kedua rombongan juga mengunjungi Kecamatan Kelay tepatnya di Kampung Merasa, rombongan melihat lokasi penangkaran orangutan di Central for Orangutan Protection (COP) Borneo. Akhir kata diharapkan dengan adanya kunjungan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan objek wisata kebanggaan Kampung Tepian Buah.

Komentar

  1. Sangat mengagumkan..
    Air terjun Tembalang! Boleh tahu tidak, info sejarah di temukannya air terjun Tembalang in? Makna dari Tembalang itu sendiri apa ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar share, moga tak salah: Kawasan Air Terjun Tembalang berada dalam wilayah kelola PT. Inhutani dan sejak tahun 2017 telah didorong untuk masuk dalam skema kemitraan oleh KPH Berau Barat dengan tujuan untuk pemanfaatan Jasa Lingkungan.
      Dalam kepercayaan Suku Dayak Kenyah seperti dituturkan oleh Sekretaris Kampung (Pak Talan), bahwa di kawasan tersebut terdapat sebuah air terjun serta sebuah telaga, dimana menjadi tempat berkumpul roh2 orang yang meninggal sebelum menuju ke khayangan.
      Kawasan tsb saat ini dikelola oleh Pokdarwis Alo Mallau dan dimasa mendatang akan dikembangkan beberapa fasilitas pendukung agar para pengunjung merasa nyaman saat berkunjung ke kawasan Ekowisata Air Terjun Tembalang.
      Mengenai maknanya, mungkin bisa digali lebih dalam termasuk soal nama kepada para tetua kampung Tepian Buah.
      Jalur treking kawasan tersebut sangat menarik karena dipenuhi pepohonan endemik kalimantan dan masih terdapat beberapa jenis kayu yang dimasa depan akan sulit ditemukan seperti bangkirai Batu, dll.

      Hapus
  2. iya saya juga mau nanya, makna dari tembalang itu apa ya? terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Kampung Tepian Buah

Tradisi "Uman Ubek" (Pesta Perdana)